Tuesday, February 21, 2012

Kecerdasan Finansial


Hai sob.. apakabar? hari ini saya akan bahas mengenai finance, dimana topik yang 1 ini rada berat dari yang biasanya :) yah itung2 bagi yang cowo adalah untuk memikirkan masa depan, anak dan istri mau dikasih makan apa sob kalo kita ga bisa menguasai finance kita :) nah ini ada beberapa tips yang mudah2an berguna untuk sobat sekalian.

Berdasar daripada kenyataan, apabila orang yang mempunyai assets banyak pasti bisa dibilang dia bisa menguasai Finance secara baik, dapat mengelola Finance dengan mantap, sehingga assets dan kekayaan lainnya ada banyak. Tetapi apakah penghasilan seseorang itu menentukan dia bisa menguasai Finance dengan baik? Orang yang bekerja 10x lebih keras dari orang yg lain, apakah mempunyai penghasilan yang 10x lebih besar? Jawabannya tentu TIDAK sob.. :) seseorang bisa menguasai / mengelola Financial yang baik bukan didasar dari kerja kerasnya atau penghasilannya semata.
Nah saat ini saya akan membagikan 5 Tips Kecerdasan Finansial *semoga bermanfaat sob*

1. Menghargai
Hargailah peluang-peluang yang ada, kesempatan-kesempatan yang ada, jangan pernah menyepelekan perkara kecil, karena tidak akan pernah ada peluang / kesempatan besar apabila tidak dimulai dari yang kecil. Terkadang kita malas mengerjakan hal yang kecil, padahal dari situ sobat akan terlihat profesional atau tidak.

2. Mengelola
Kelolalah dengan bijak, "Harta yang indah dan Minyak ada di kediaman orang Bijak" (Amsal). Sekali lagi, bukan karena gaji besar lantas Finansial menjadi lebih baik dan bisa dikuasai, tetapi dengan gaji seberapapun sobat sudah harus bisa mengelola dengan benar, orang kaya bukan karena penghasilan besar, tetapi orang kaya karena dia bisa manage (kelola) Finance nya dengan baik, banyak sekali tukang ngamen atau preman yang mempunyai penghasilan besar, tetapi tidak kaya2, karena mereka salah kelola penghasilan.

3. Menabung
Tabunglah sebagian dari penghasilan sobat sekalian, jangan semuanya diabisin sob.. :( paling tidak tabunglah 10% dari hasil yang diperoleh sobat setiap bulannya. Meskipun sobat sekalian mau membuat bisnis besar sekalipun, tetap harus menyisihkan 10% untuk tabungan.

4. Investasi
Investasikanlah di tempat yang benar, Konservatif, mulai dari yang untungnya kecil sehingga resikonya pun kecil, untuk memulai investasi pastikan sudah menabung 10%, setelah ada SISA dari menabung 10% barulah kita investasi ke tempat yang tingkat resiko rendah, setelah ada SISA dari investasi tingkat rendah, baru masukan di tingkat yang resiko lebih tinggi, begitu seterusnya :) ilustrasinya, apabila sobat punya 4 ember, ember 1 adalah tabungan 10%, sobat punya air 1 galon, tuanglah yg pertama ke ember 1 (tabungan), setelah ada sisa maka lempar ke ember 2 yg merupakan investasi kecil resiko, setelah ada sisa lagi maka lempar ke ember 3 investasi yg lebih beresiko, setelah ada sisa lagi barulah lempar ke ember 4 investai yg penuh resiko dengan keuntungan yang lebih besar sob :) be wise.

5. Membagi
Bagikanlah kepada sekelilingmu, "Ada yang menyebar harta tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa tetapi selalu berkekurangan". Ini prinsip yang memang aneh dimata dunia, tetapi coba praktekan, pastilah berhasil. Tested sob!


So, sobat sekalian jadilah bijak dalam hal keuangan, sehingga kita hidup tidak kekurangan. :)

No comments:

Post a Comment